ShoutMix chat widget

24 Juni 2009

Menulis.

Ini merupakan aktivitas yang sudah cukup lama ye lakukan. Ye udah suka nulis dari pas SMP. Awalnya sih karena suka baca novel. Yaah,,,waktu ye SMP tu komik lagi nge-trend diantara temen2 ye (gak tau sekarang masih apa enggak).

Waktu itu temen2 ye suka pinjem2 komik gt (dulu enggak musim beli sendiri, seenggakya buat ye sama temen2). Temen2 ye suka minjem komik jepang gt, tapi ye lebih tertarik sama novel dibanding komik. Dulu tuh ye suka banget baca novel ttg kasus2 kriminal, soalnya alurnya banyak yang tak terduga. Tokoh yang awalnya dikira innocent, eh ternyata malah dia yang jadi pembunuh berantainya. Atau tentang seorang wanita yang memiliki kepribadian ganda dan membunuh pria dengan masing-masing kepribadian (alter) yang dimilikinya. Banyak hal baru yang ye tau dari baca novel. Diantara semua novel yang ye baca, novel pertama yang bener2 bikin ye jatuh cinta adalah "Supernova : Akar".

Kenapa ye lebih suka novel? Padahal wakti itu temen2 ye pada suka sama tokoh komiknya yang hampir semua digambarkan dengan sosok yang sempurna. Tokoh cewek selalu digambarkan manis, lembut, dan baik hati. Tokoh cowok selalu digambarkan cakep, tinggi, bahu lebar, pokoknya cowok keren lah. Tapi justru karena udah ada gambarnya, baca komik jadi kurang menyenangkan. Ye lebih suka baca novel yang notabene nggak ada gambarnya, soalnya ye jadi bisa mengkhayalkan sendiri tentang gambaran real cerita itu. Ye emang suka berkhayal, berimajinasi. Itulah yang membuat hidup ye nggak membosankan, meskipun kadang ngerasa sakit hati juga sih kalo cuma bisa berkhayal.

Dari sana ye jadi tertarik buat coba-coba nulis cerita pendek. Biasanya sih ye suka nulis pas liburan sekolah. Selain nulis cerpen, kadang ye juga suka iseng2 bikin puisi (heuheu, lebih mirip “puisi-puisian” kali ya, jaman2 dulu).

Yah, bisa dibilang, segala hal yang ye rasain selalu ye ungkapin lewat tulisan. Dulu cuma itu satu-satunya cara ye buat ngeluapin rasa marah, kesel, suka, bĂȘte, atau apapun. Yah, dulu kan ye anaknya pendiem banget… Makanya jaman2 SMP ye sebut “masa kegelapan”, hehehe

Kebiasaan nulis itu juga berlanjut sampe ye SMA. Waktu itu ye mulai lebih bisa bergaul, lebih murah senyum, mengenal lebih banyak orang. Dari sanalah, pengalaman hidup ye juga lebih berwarna. Dari mulai perasaan sakit hati terhadap perlakuan seseorang, rasa ketidakpuasan terhadap sikap ortu, rasa pesimis sama diri ye sendiri, gimana ye yang namanya ngefans sama duta Sheila on 7 (SO7 dulu booming banget) ma 5566 (dulu tiap senin-jumat jam stengah 4 atau stengah 5an sore ada film Taiwan gt, sekarang kan jaman film jepang ma korea). Juga ada cerita gimana ye jd secret admirernya seseorang (yang sampai saat ini ye engga berani bilang identitasnya ma temen2 ye, ;p), gimana ye bener2 sedih mesti pindah kelas n pisah ma temen2 sampe akhirnya ye balik lagi ke kelas yg dulu (setelah memaksa), dan tentang beberapa orang misterius yang hadir dalam hidup ye (sampai sekarang ye enggak tau dia siapa)…

Tapi hobi ye itu sempet terhenti, terutama nulis2 cerita. Alasannya, orang tua ye, terutama Bapak enggak terlalu suka ngeliat ye banyak nulis cerita yang menurutnya kurang bermanfaat. Tapi bukan berarti ye bener2 berhenti nulis. Ye selalu menyempatkan diri nulis di buku harian, bahkan sampe ye kelas 2 SMA, ye masih sering nulis. Tapi lama2 ye jarang nulis lagi, dan sekarang malah enggak sama sekali. Tanggal terkahir yang tercantum di buku harian itu tanggal 2 Desember 2007.

Selain alesan ortu ye yang kurang suka ye lebih banyak nulis dibanding belajar (padahal waktu itu ye masih rajin belajar, :p), temen2 ye juga jarang ada yang suka nulis. Jadi ye nggak tau mesti sharing sama siapa. Ye juga masih malu buat ngeliatin tulisan2 ye sama temen2 ye.

Terus, kenapa sekarang ye tertarik buat nulis2 lagi, bahkan mulai blogging?

Terus terang, akhir2 ini ye kangen nulis. Ye jadi sering nulis2 notes di facebook. Lama2, ye pikir kenapa enggak masukin ke blog ye aja? Soalnya blog ye kemaren2 tuh isinya GeJe semua, ye masih belom nemu hal apa yang mau ye masukin ke blog ye.

Akhirnya setelah beberapa bulan blog ye terbengkalai, ye rapiin lagi blognya, akhirnya jadi deh blog seperti yang lagi kamu liat sekarang. Yah, meskipun ini juga masih banyak yang mesti diperbaiki, tapi lumayanlah. Akhirnya ye mulai meng-copy paste tulisan2 di notes ye, dan mulai rajin nulis2 lagi. Ini juga gak lepas dari temen2 ye yang juga suka nulis.

Nah, orang2 ini lah yang berperan penting dalam munculnya blog ini :
• Mbak Dewi “Dee” Lestari
Kenapa mbak dee jadi orang pertama? Sebab anaknya mbak cantik ini yang bernama “supernova” bener2 udah bikin ye jatuh cinta. Itulah novel pertama yang ye suka, yang akhirnya mendorong ye buat nyoba2 nulis. Mungkin karena ye bener2 suka sama karya2nya mbak dee ini, tulisan2 ye juga banyak dipengaruhi sama mbak ini. Selain cantik, ye juga kagum sama pribadinya yang cerdas, enggak banyak bicara, tegas, dan pemikiran2nya yang kadang2 nggak ketebak. Mau bukti? Liat aja postingan2nya mbak ini.
• Noviyanti Fatimah
Mmmmh…sobat ye yang satu ini pasti mesem2 senyum kuda waktu baca namanya sendiri di postingan ye kali ini. (Iya vie, ini emang kamu!). Nona manis yang macho ini (;p) begitu bersemangat nulis. Ya, meskipun ye sempet baca di blognya kalo dya sempet vakum ngeblog bentar. Tapi semangat dan kecintaannya pada hobinya (nulis2) ini bikin nular ma yeye, bikin ye kembali semangat buat nulis. Dia juga yang ngasih semangat ye buat rajin ngeblog.
• Raditya Dika
Makhluk abnormal ini yang pertama kali ngenalin dunia blogging ma ye lewat bukunya, Kambing Jantan : Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh (kalo gak salah itu judulnya). Dengan hasil minjem dari temen ye dan bermodalkan ucapan “terima kasih” dan senyum manis, ye kenal Radith lewat tulisannya. Bukunya ini diambil dari blognya radith yang juga bertitle kambing Jantan. (dya bilang sih nama itu dia ambil coz dya dulu dipanggil kambing, dan sampe terakhir kali dya cek, dya masih jantan). Awalnya sih engga tertarik buat buka blognya, tapi suatu hari, temen ye yang suka banget sama radith, nyuruh ye buka blognya. Yaudah ye buka, waktu itu postingan terbarunya berjudul “Aku Alfa, si Kucing Gaul”. Di postingannya ini si alfa (kucingnya Radith) memperkenalkan dirinya sama penggemarnya radith. (pengen eksis x ya si Alfa ini). Postingannya ini bikin ye ketawa2 sendiri, menunjukkan betapa makhluk ini memang sungguh sangat tidak normal. Kalian bisa kenal dia lewat blognya di sini
• Irham Nurhalim
Bapak yang satu ini sobat ye waktu SMA. Dia juga suka nulis, tapi bedanya tulisannya lebih serius dan berat (buat ye yang engga terlalu ngerti bahasa filsafat, hehe), lebih banyak tentang bagaimana memaknai kehidupan (ini yang seru dari tulisannya), tapi sama sekali nggak membosankan. Bapak inilah yang dulu pas awal2 ye bikin blog ngasi semangat buat nerusin ngeblog n ngasih semangat biar ye pede sama tulisan2 ye sendiri.
• Nisa Permata Asri Kinanti
Cewek cantik-tinggi-langsing ini juga temen sekelas ye di kampus. Dia juga suka nulis, dan semua tulisannya pasti bikin orang yang bacanya ketawa2. Tulisannya bahkan sempet masuk ke salah satu majalah remaja. Tapi hati2, kalo kamu baca blognya, mungkin kamu bakalan ketemu sama istilah2 yang terbentuk dari unsur2 kimia tertentu, misalnya “U,Pi,dan L” atau “Pi2S”. Mau baca cerita2 seru dia? Kamu bisa temukan di sini
• dan makhluk yang sering kupanggil “Kamu”
Makhluk ini hanya sedikit orang yang tahu, tapi dia benar2 ada dan berwujud. Interaksi ye dengan makhluk inilah yang secara tidak langsung memberikan ide untuk postingan2 ye sebelum ini.

5 suara:

Irham Nurhalim mengatakan...

Hahaha....
dah pesbuk ketular, sekarang ngeblog juga ketular juga....
map ya maap bukannya pengen menyebarkan penyakit... hehe

(BTW,koq bapak seh???) -_-'

yeye mengatakan...

eh iyah gara2 kamu ham!!!!!
heuheuheu...
Gak denk,,,da dulu teh emang pengen bikin blog, tapi yeye nggak tau mau diisi apa, heuheuheu..
Hmmm....gak mau dipanggil bapak neh?
Yaudah, mbak irham aja ya???
hehehe

Unknown mengatakan...

eh numpang baca nya ceu,,
wios kan?

hmmm...
bagus tu ye hobi na,
mw ngasih saran ni,

klo liat dr ye,pesbuk ye,koment2 ye,status dpesbuk,dll lah,
bagus tuh klo ye nulis (ngisi blog) gaya kambing jantan.
mksudna slengean gitu lah,tp tentu saja ga sama kaya si kambing itu,yg pasti ye pnya gaya tersendiri bwt nulis dan itu bisa lbih bagus dr si jantan itu (mksudna kambing)

ye tu aktip,ceria,nyeleneh,inspiratip,dll
jadikan tu modal bwt ye nulis,
bakal keyen tu ye,,

tapi...
ya terserah ye ketang,
da ieu mah ngan saran ungkul,
he,,

Unknown mengatakan...

hahahaha

yeyeye
kau menyebut namaku aku terharu biruuuuuuu

jangan sering disebut akh ye
takutnya aku ngetop dan banyak penggemarnya lagi
khan jadi malu(malu" kucing)
hahaha
semangatzz menulis ye
kamu berbakat

yeye mengatakan...

saidi : tengkyuuuu.... akan ku pertimbangkan....

timeh : iya waktu ye nulis ini ye lagi kerasukan, dan saat itu langsung di rukyah...tp apa daya, keburu di posting... :P

Posting Komentar

Template by:
Free Blog Templates